Monday 25 July 2011

Cara Mengatasi Nuked Pada Handphone Blackberry





Cara Mengatasi Nuked Pada Handphone BlackBerryHandphone BlackBerry memang jenis
handphone atau mobile dengan fasilitas yang sangat menunjang berbagai aktivitas. OS atau Operating system yang digunakan oleh BlackBerry sendiri juga termasuk pada kategori mudah dalam pengoperasian.
Ada 2 macam OS yang ada pada handphone BlackBerry yaitu OS Hybrid dan OS Official. Nah keduanya rentan pada masalah Nuked.
Apa itu Nuked pada BlackBerry ? Nuked adalah gejala BlackBerry yang secara terus menerus mengalami proses ‘booting’ secara berulang-ulang. Sehingga kita tidak mempunyai kesempatan untuk proses ‘wipe’ atau ‘reload firmware’ ke BlackBerry. Hal ini dikarenakan sebelum BlackBerry sempat untuk ‘reload’   maka sudah reboot (looping) duluan.
Penyebab terjadinya nuked pada handphone BlackBerry bermacam-macam. Nuked pada Blackberry bisa terjadi karena OS yang tidak stabil dikarenakan terdapat file dari OS yang hilang atau tidak lengkap. File OS dari BlackBerry yang hilang biasanya dikarenakan aplikasi pihak ketiga yang tidak kompatibel atau tidak cocok.
Gejala Nuked pada BLACKBERRY biasanya ditandai ketika BlackBerry dinyalakan kemudian LED menyala, setelah itu berjalan sesaat dengan jam pasir dan mati kemudian nyala lagi. Hal tersebut yang dinamakan Booting BlackBerry secara berulang-ulang. Apakah hal tersebut juga pernah terjadi pada handphone BlackBerry anda ?
Berikut Cara Mengatasi Nuked Pada Handphone BlackBerry :
Note : Data-data yang ada pada handphone BlackBerry anda tidak bisa diselamatkan. Jadi Anda harus menggunakan backup-an terakhir di komputer atau laptop.
Hardware yang diperlukan untuk mengatasi Nuked pada handphone BlackBerry : komputer atau laptop, dan kabel data.
Software yang diperlukan untuk mengatasi Nuked pada handphone BlackBerry : Software yang diperlukan adalah Desktop Manager dan OS sesuai tipe Blackberry. Software Desktop Manager dan OS yang sesuai dengan tipe BlackBerry anda tersebut sudah harus terinstall di komputer atau laptop anda. Sebaiknya gunakan BlackBerry Desktop Manager versi terbaru. Dalam contoh ini menggunakan BlackBerry Desktop Manager versi 5.0.1.
Berikut Cara Mengatasi Nuked Pada Handphone BlackBerry
1. Instal OS sesuai tipe BlackBerry di komputer kemudian restart
2. Setelah restart, hapus file vendor.xml di folder C:Program FilesCommon FilesResearch In MotionAppLoader
3. Cabut atau copot baterai BlackBerry anda.
4. Sambungkan kabel USB ke komputer tanpa terhubung ke BlackBerry
5. Jalankan Loader.exe yang ada di dalam folder AppLoader, seperti vendor.xml yang tadi dihapus
6. Akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini :
e46ae cara mengatasi nuked pada handphone blackberry 1 Cara Mengatasi Nuked Pada Handphone BlackBerry
7. Jika handphone BlackBerry anda belum terhubung maka pada box Connection akan terlihat kosong seperti gambar dibawah ini :
c50ab cara mengatasi nuked pada handphone blackberry 2 Cara Mengatasi Nuked Pada Handphone BlackBerry
8. Colokkan kabel USB pada handphone BlackBerry anda, saat sudah terdeteksi dan muncul tulisan USB-PIN: UNKNOWN segera klik tombol Next dan pasang baterai kembali. Bila gagal artinya handheld sudah terdeteksi dan tidak bisa melanjutkan instalasi OS. Ulangi langkah ini. Agar lebih jelas, perhatikan gambar dibawah ini :
fd47a cara mengatasi nuked pada handphone blackberry 3 Cara Mengatasi Nuked Pada Handphone BlackBerry
9. Akan muncul windows pop up berikutnya. Pilih opsi yang kedua yaitu Replace the device’s applications with the older version provided by the BlackBerry Desktop Software dan Next. Berikut gambar screenshotnya :
fd47a cara mengatasi nuked pada handphone blackberry 4 Cara Mengatasi Nuked Pada Handphone BlackBerry
10.  Jika langkah-langkah diatas sudah dipraktekkan, maka jalankan proses installasi OS Blackberry seperti biasa.
Langkah-langkah cara mengatasi Nuked pada handphone BlackBerry diatas merupakan trik agar handphone BlackBerry anda bisa booting dengan lancar kembali tanpa adanya booting berulang. Terimakasih sudah membaca trik atau Cara Mengatasi Nuked Pada Handphone BlackBerry.

No comments:

Post a Comment